sebuah cerita fiksi,Horor,Humor,Dongeng dan kisah nyata

Thursday, February 25, 2010

Asal-usul Lampung

Lampung berasal dari kata Ngelambung yang artinya Naik ke permukaan ( air laut ).

Pulau Lampung ditemukan oleh Ratu Menapik
Kita tentunya masih ingat akan peristiwa yang dinamakan Es mencair. Dalam peristiwa tersebut menyebabkan sebagian besar pulau - pulau yang berada diberbagai belahan dunia tenggelam akibatnya.

Ketika Es yang berada di bagian kutub ( Melayu ) mencair, air laut menyelimuti sebagian besar daratan atau pulau - pulau yang berada di muka bumi ini, begitu pula terhadap sebagian daratan yang berada di Katulistiwa ( Nusantara ) ini, seperti pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesai, Pulau Irian, serta pulau - pulau kecil lainnya, pulau - pulau tersebut pada tenggelam.

Menurut penjelasan Raja Agung Kebuwaian Buwai Nyerupa Gedung Asin, peristiwa terjadinya Es mencair tersebut bersamaan dengan peristiwa Nabi Nuh, atau dalam dunia Islam dikenal dengan sebutan Kiamat Nabi Nuh.

Akan tetapi ditengah peristiwa Es mencair tersebut, tidak halnya terhadap pulau yang berada di bagian penghujung pulau sumatera ( Lampung ). Atas izin serta kehendak yang Maha Kuasa ( ALLAH ) pulau tersebut tidak tenggelam, sebaliknya pulau tersebut nampak sedang Ngelambung diatas permukaan air laut, tak ubahnya seperti Pelampung dipermukaan air ( laut ), begitu pula terhadap seseorang ( yang bernama Menapik atau Ratu Menapik ), atas izin serta kehendak yang Maha Kuasa ( ALLAH ) beliau terselamatkan dari ganasnya alam yang sedang terjadi ( peristiwa Es mencair ).

Dalam mengarungi lautan Ratu Menapik yang berupaya menyelamatkan dirinya dari peristiwa tersebut melihat dari kejauhan akan sebuah pulau nampak sedang ngelambung di permukaan air laut, bermula dari peristiwa tersebut serta apa yang dialami oleh beliau maka pulau tersebut diberi nama :

" Pulau Lampung "

Lampung yang berasal dari kata Ngelambung yang artinya naik kepermukaan air ( Laut ).

Tak lama setelah berada di pulau Lampung dan air laut mulai berangsur - angsur surut ,diketahui oleh beliau bahwa tempat dimana beliau berlabuh merupakan sebuah Bukit yang berbentuk persegi maka oleh beliau bukit tersebut diberi nama :

" Bukit Pusagi "
( Lampung )

Sedangkan pulau dimana tempat berdirinya bukit Pusagi dinamakan pulau Lampung

Menapik berasal dari kata Mena dan Terepik yang artinya :
Mena artinya : Duluan
Terepik artinya : Ada atau berada( di bumi Lampung )
Jadi pengertian dari Meapik yaitu : seseorang ( manusia ), yang duluan berada di Pulau Lampung.

Sejarah Lampung ini diambil dari catatan Raja Agung Kebuwaian Buwai Nyerupa Gedung Asin yang ditulis kembali oleh, Nyerupa Sang Wai Tu Opara Bahrun Sailendra, Anton Sailendra, Nyerupa Sang Wai Tu Bahrun Djakia Sailendra, Nyerupa Sang Wai Tu Sudirman Sailendra, Nyerupa Sang Wai Tu Abdul Murad Sailendra, Nyerupa Sang Wai Tu Mustopa Sailendra.

3 comments:

  1. boleh request donk.......
    minta asal usul tetangganya lampung...
    asal usul "pulau merak"....yg katanya berasal dari burung merak...
    nice post...
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. ok sob ntar gua terjemahin dulu, maklum bahasanya tua...! (buku kuno)

    ReplyDelete

Silahkan anda beri komentar disini, saran dan masukannya sangat berguna untuk saya, saya akan berkunjung balik pada anda, jangan berbuat Spamm.! Terima kasih.

Situs Jual Beli

Situs Jual Beli
Portal Iklan Gratis Indonesia